PROGRAM APLIKASI HOTEL
PROGRAM HOTEL hadir sebagai solusi penerapan manajemen hotel secara terintegrasi dan menyeluruh melalui software manajemen perhotelan yang handal. PROGRAM HOTEL ini dapat dikembangkan dimanapun termasuk hotel, apartemen, resort dan lain sebagainya. Dengan menggunakan PROGRAM HOTEL, perusahaan Anda dapat meningkatkan pelayanan kepada kustomer secara lebih baik yang akan berdampak positif pula pada peningkatan profit/ keuntungan perusahaan.
Mendirikan dan mengembangkan bisnis perhotelan memerlukan suatu sistem
yang handal dan terintegrasi agar strategi dan tujuan bisnis yang
direncanakan dapat diraih secara total. Dengan penerapan sistem
perhotelan yang baik akan mampu mengurangi cost secara signifikan, mampu
meningkatkan kinerja perusahaan dan menjaring customer loyalty lebih
banyak.
PROGRAM HOTEL hadir sebagai solusi penerapan manajemen hotel secara terintegrasi dan menyeluruh melalui software manajemen perhotelan yang handal. PROGRAM HOTEL ini dapat dikembangkan dimanapun termasuk hotel, apartemen, resort dan lain sebagainya. Dengan menggunakan PROGRAM HOTEL, perusahaan Anda dapat meningkatkan pelayanan kepada kustomer secara lebih baik yang akan berdampak positif pula pada peningkatan profit/ keuntungan perusahaan.
Beberapa penerapan sebagai berikut: (dapat disesuaikan dengan kebutuhan manajemen hotel)
1. DATA
Untuk mendukung jalannya aplikasi, dibentuk data pendukung sebagai berikut :
- Tarif & Jenis Kamar
Pencatatan tarif harga dan jenis sewa kamar yang ada pada hotel.
- Kamar
Pencatatan nomor kamar yang ada pada hotel yang disertai harga modal, tarif harga jual.
- Fasilitas Kamar
Pencatatan fasilitas yang ada pada tiap-tiap kamar.
- Menu Makanan Resturan/ Mini Bar
Pencatatan jenis menu makanan dan minuman yg tersedia beserta daftar
harga/ modal. Pemesan akan diberikan tagihan dalam bentuk Bill yang
tercetak oleh printer. (boleh menjadi bill tamu ataupun pengunjung
sesaat/ cash).
- Bank Data Tamu.
Kumpulan nama tamu yang sudah pernah menginap, akan komputer memberikan satu nomor customer.
- Booking
Pemesanan kamar
- Daftar Rekanan
Daftar rekanan hotel yang diperbolehkan menjadi piutang.
- Cara Pembayaran
Tehnik cara tamu membayar di kasir (cash, piutang, dll)
- Identitas Petugas
Daftar nama petugas/ user.
- Nama Negara
Kelompok tamu berdasarkan negara.
- Propinsi
Kelompok tamu berdasarkan daerah propinsi
- Satuan Barang
Transaksi barang makanan/minuman di restauran.
- Unit Kerja
Daftar unit kerja yang ada di Hotel.
- Daftar Tarif Biaya / Dep.
Daftar seluruh tarif biaya (tarif data electronic)
- Departemen Penerimaan
Pusat biaya pada kas penerimaan.
- Kumpulan Register Penerimaan
Daftar penerimaan yang terintegrasi.
2. TRANSAKSI
- BOOKING (Pemesanan kamar)
- CHECK IN (Registrasi tamu)
-
INPUT BILLING, Pencatatan tranksaksi terhadap :
- Administrasi
- Kamar penginapan
- Restaurant/ Mini Bar * Print of Sales
- Pusat Jajanan/ belanja
- Bar/ Karaoke
- Loundri
- Rent Car / Taxi
- Convention Hall
- Telephone
- Etc
- CHECK OUT
- PRINT OUT KWITANSI / BILL
3. REPORT (LAPORAN)
- Tamu yang sedang menginap
- Daftar pemakaian kamar (kosong, berisi)
- Uang Kas Masuk (harian/ bulanan/ tahunan)
- Penerimaan per petugas kasir
- Omset dan Laba (per departemen)
- Piutang Rekanan
- Register Penerimaan
- Dan lain-lain.
4. CATATAN TEHNIS
Operasional Program (Workstation) pada platform Windows XP/ Windows
2000 dengan spesifikasi komputer minimal Pentium 4, terdapat NIC minimal
10/100 mbps, CRT SVGA dengan jumlah PC sesuai kebutuhan manajemen
hotel.
- Terdapat pemasangan jaringan kabel komputer (* optional wireless)
- Pencetakan Bill pada setiap transaksi menggunakan printer dot matrix. *optional printer POS
- Jika diperlukan dapat menggunakan SMS Center (*optional)
-
Modul Program:
- RECEPTION
- BILL
- KASIR
- EXECUTIVE INFORMATION SYSTEM (EIS)
- Aksesoris minimal : 1 Unit Printer LQ-300+, 1 Printer Ink Jet
- Pelatihan/ training aplikasi program kepada petugas.
Comments