Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit adalah sebuah program aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan kinerja para:
- Dokter dan Asisten Dokter
- Bidan dan Perawat
- Staff Administrasi dan Personalia
- Apoteker
- Logistik
- TOP Manajerial Sehingga akan mendapatkan berbagai kemudahan selama mereka menjalankan operasional kerja sehari-hari.
Melalui program aplikasi ini, seluruh pihak rumah sakit akan dapat dengan mudah, cepat, akurat dalam:
- Mengetahui dan menyajikan data-data pasien
- Melakukan Pengolahan Data secara terintegrasi dari setiap unit
- Berkomunikasi dengan sub bagian lainnya Keep Up To Date dengan berbagai kegiatan maupun perkembangan di rumah sakit di mana mereka berada dan kapanpun mereka memerlukannya.
Manfaat yang bisa diharapkan dari adanya berbagai fasilitas seperti yang disebutkan diatas adalah:
- Meningkatnya tingkat kepuasan para pasien karena adanya berbagai fasilitas dan kemudahan yang mereka dapatkan mulai dari Pendaftaran sampai Pembayaran di kasir.
- Cepatnya proses pengolahan dan tingginya akurasi dalam perhitungan data-data karena semua proses dan perhitungan dilakukan secara terintegrasi dan otomatis.
- Akan meningkatkan kualitas para tenaga medis di rumah sakit karena kemampuan mereka di dalam menyiapkan dan memberikan layanan kesehatan akan benar-benar diuji.
- Tingginya kualitas layanan para karyawan rumah sakit karena mereka akan dituntut untuk bisa memberikan layanan dan informasi yang sifatnya Real Time.
- Meningkatnya citra Rumah Sakit sebagai The Leading Hospital di dalam memberikan Quality Health Services.
Feature untuk Front Office
-
Registrasi
- Multiple cara pembayaran
- Fasilitas pegawai rumah sakit
- Manajemen karcis
- Pembuatan kartu berobat dengan embosser, Microchip dan Barcode
- Sentralisasi nomor rekam medis pasien
- Informasi fasilitas layanan rumah sakit
- Integrasi dengan pelayanan medis
-
Pelayanan Medis
- Integrasi pelayanan antara instalasi utama dan penunjang
- Verifikasi rincian tindakan, diagnosa, ICD, dan ICPM dalam history rekam medis
- Manajemen rekam medis dan medical record tracking (MRT)
- Kontrol hasil penunjang medis
-
Billing
- Monitoring dan kontrol jumlah biaya yang sudah terpakai oleh pasien
- Sentralisasi tagihan rawat inap terhadap tagihan penunjang
- Diskon, keringanan dan piutang
- Penghitungan jaminan, selisih tagihan dan subsidi
- Penghitungan tagihan berdasarkan history pemberlakuan tarif
- Monitoring penerimaan kasir
- Integrasi dengan back office (General Ledger) Feature untuk Back Office
-
Accounting
- Standarisasi kode perkiraan (Chart of accounting)
- Manajemen buku tambahan
- Periode waktu pencetakan laporan keuangan yang fleksibel
- Penentuan periode tutup buku (bulan, tahun) secara dinamis
- Grouping transaksi keuangan
- Verifikasi transaksi dari front office
-
Manajemen Aset
- Integrasi dengan sistem pengadaan logistik
- Monitoring kondisi dan status aset secara periodik
- Periode perhitungan nilai aset (penyusutan) secara fleksibel
- Manajemen dan history pemeliharaan serta penyusutan
- Integrasi dengan akuntansi (General Ledger)
-
Keuangan
- Perencanaan anggaran secara terpadu
- Monitoring realisasi penggunaan dana terhadap anggaran
- Manajemen penggajian karyawan (payroll)
- Monitoring dan kontrol terhadap arus kas (cash flow) dan bank
- Integrasi dengan akuntansi (General Ledger)
-
Logistik dan Inventory
- Integrated inventory control (gizi, farmasi dan rumah tangga)
- Integrasi antara pengadaan barang (logistik) dan gudang (inventory)
- Monitoring jumlah dan kondisi barang di gudang secara online
- Minimum level inventory dan penentuan cost of goods sold
- Menggunakan metode FIFO untuk kontrol pengeluaran barang (issued)
- Integrasi dengan akuntansi (General Ledger)
-
Personalia
- Manajemen data induk pegawai dan riwayat keluarga sesuai standar BAKN
- Manajemen dan history jabatan, pangkat serta pendidikan formal dan non formal
- Usulan mutasi kenaikan pangkat dan pensiun secara periodik
- Integrasi dengan sistem penggajian di bagian keuangan
Comments